1. Blog
  2. Lifestyle
  3. Memorable Experiences: Kerja Remote dan Puasa di Hotel Kapsul
Kontenlifestyle

Memorable Experiences: Kerja Remote dan Puasa di Hotel Kapsul

Y
by Yogi Prasetya
Last update 10 April, 2023·3 mnt(s) reading
Memorable Experiences: Kerja Remote dan Puasa di Hotel Kapsul

Di dunia kerja remote yang terus berkembang, saya menemukan pengalaman baru yang menghubungkan antara profesionalisme sama experience. Sebagai software engineer yang senang eksplorasi, saya sudah menjelajah ke berbagai kota dengan pesonanya masing-masing.

Nah, di blog ini, saya pengen cerita tentang babak spesial dalam hidup saya, di mana saya berkesempatan hidup dengan cara nomaden bersamaan dengan datangnya bulan Ramadan, di sebuah hotel kapsul di daerah Bandung.

bobobox ramadhan

Life Changing

Gaya hidup sebagai pekerja remote mengubah batasan tempat kerja. Konsep "rumah" bagi saya meluas dari kamar hotel, co-working space, sampe kafe.

Kali ini, perjalanan hidup membawa saya dan pasangan ke hotel kapsul di Bandung. Sebenernya saya cukup sering tinggal di hotel kapsul, selama 2021 hingga konten ini ditulis saja, mungkin saya menghabiskan 50-70 malam di hotel kapsul tiap tahunnya.

Namun, desain yang minimalis dan "cukup untuk tidur" menjadikan momen ini spesial bagi saya pribadi. Hal yang tak terbayangkan sebelumnya untuk melaksanakan 20 hari ramadhan di tempat seperti ini.

Menyambut Ramadhan

Sebelum ramadhan datang, saya bersama istri memikirikan apa-apa saja tantangannya. Dan seperti apa kami akan menghadapinya.

Mungkin saya sedikit kesulitan pada hari-hari pertama, terutama mengatur menu sahur untuk kami berdua.

Di hotel ini hanya menyediakan dispenser 3in1, dan microwave. Tentu kami harus menyesuaikan apa yang akan dimakan pada waktu sahur dengan bantuan 2 alat tersebut.

Tidak seperti apa yang saya duga, ternyata. Lingkungan dan suasana ramadhan seperti ini berhasil membuat saya banyak merenung dan mengoreksi diri. Sudah berapa banyak waktu yang saya sia-siakan. Hingga renungan-renungan random seperti "mau jadi apa saya 10 tahun lagi?"

hotel kapsul remote work

Seamless Work Integration

Mungkin ada yang penasaran gimana saya bisa kerja dengan lancar sambil menjalani pengalaman spiritual yang bukan "habitat" saya.

Tempat saya bekerja, memajukan 1 jam kerja agar seluruh pekerjaan bisa selesai jam 4 sore.

Dengan jam kerja seperti itu, saya jadi punya banyak waktu disore hari untuk menyiapkan bukaan bahkan sampai persiapan makan sahur.

Tentu selama ramadhan, saya dan istri banyak melakukan penyesuaian jadwal kegiatan, agar aktifitas perkantoran tetep berjalan sama baiknya atau bahkan lebih baik selama ramadahan.

Berbuka Puasa

Momen iftar, punya makna khusus waktu saya nginep di hotel kapsul ini. "Dapur bersama" yang disediakan pihak hotel memungkinkan gue buat masak makanan iftar yang simpel tapi bikin kenyang, bahkan kalau bisa beli makanan siap saji, tentu tidak mungkin, ada beberapa makanan yang harus kami siapkan mandiri.

Disini, saya merasakan adanya koneksi dengan esensi Ramadan – rasa syukur, empati, dan kedisiplinan diri.

Saya sebelumnya terbiasa tinggal di kos-kosan diperantauan, tanpa alat masak satupun. Namun kali ini tetep berbeda, rasanya spesial.

puasa di hotel kapsul

Seimbangkan Pekerjaan dan Spiritualitas

Saya bukan muslim yang taat, sehari-hari saya sering mengutamakan pekerjaan ketimbang ibadah wajib, tapi nyatanya selema disini jadi nyatu dengan baik.

Suasana tenang di hotel kapsul ini bantu banget buat fokus dan kontemplasi. Malamnya dipake buat berdoa, merenung, dan ungkapin rasa syukur atas kesempatan yang saya dapatkan.

Tetap sehat

Puasa itu pasti lemes, kalo engga pusing, itu terjadi karena kita kekurangan asupan energi dan okesigen dari air pusitih, secara biologis memang seperti itu.

Saya punya kebiasaan jogging santai setiap sore. Dan ini tetap saya mampu jalani, dengan penyesuaian kuantitas dan waktu, jam 5:30 harus sudah sampai hotel.

Penutup

Nginep di hotel kapsul selama ramadhan bakal selalu jadi kenangan manis buat saya. Ini bener-bener membuktikan keterkaitan antara pekerjaan saya sebagai software engineer dengan kepercayaan gue pada Islam.

Pengalaman ini memberikan pelajaran bahwa terima perubahan bisa meningkatkan nilai hidup kita dengan cara yang tidak terduga.

Entah di kota yang sibuk atau di kamar kapsul yang nyaman, kerja keras dan pertumbuhan spiritual bisa tumbuh bersamaan. Saya nggak sabar buat lanjutin perjalanan, nunggu destinasi selanjutnya yang bakal membentuk kisah hidup saya bersama istri.

Share this article