1. Blog
  2. Tech Career
  3. Perjalanan Membangun Platform Web3 di Dunia Metaverse

Perjalanan Membangun Platform Web3 di Dunia Metaverse

Y
by Yogi Prasetya
Last update 25 Desember, 2024·3 mnt(s) reading
Perjalanan Membangun Platform Web3 di Dunia Metaverse

Dalam medan perubahan industri teknologi, pengalaman saya membangun platform Web3 menjadi salah satu bab yang paling menarik dalam (kisah karir saya)[/about-me].

Semua dimulai ketika perusahaan tempat saya bekerja bertransformasi dari fokus pada proyek virtual reality ke arah yang lebih ambisius dalam metaverse.

Fitur Ambisius

Saat itu, platform Web3 yang kami kembangkan memiliki ambisi besar dengan beberapa fitur kunci yang kami kejar:

  1. 3D World Walkthrough ala Game (WASD): Menghadirkan pengalaman eksplorasi interaktif di dalam dunia 3D, memberikan sensasi seperti bermain game kepada pengguna.

  2. Render Avatar: Memungkinkan pengguna untuk menciptakan dan menampilkan avatar yang merepresentasikan diri mereka dalam platform.

  3. Koneksi ke Jaringan Blockchain: Mengintegrasikan keamanan dan keabsahan data secara mendalam.

  4. Fitur Standar Aplikasi: Menyertakan fitur otentikasi, manajemen rute, dan elemen-elemen dasar lainnya.

Ketika kami mengejar fitur-fitur tersebut, kami menghadapi tantangan teknis yang signifikan, terutama pada dua fitur utama, yaitu 3D World Walkthrough dan Render Avatar. Dalam perjalanan kami, pemilihan teknologi memainkan peran krusial.

evolusi internnet hingga era web 3.0
Evolusi internet, sumber: Aura Ventures.

Tech-stack

Saya memilih untuk beralih dari A-Frame ke THREE.js sebagai dasar pengembangan kami. Ini membuka jendela ke teknologi yang lebih fleksibel dan powerful untuk membangun dunia 3D yang kami bayangkan.

Dari sini, kami memilih empat stack yang menjadi pilihan utama kami:

  1. Drei: Drei memberikan kumpulan komponen dan tools yang membantu mempercepat pengembangan kami. Kami menemukan bahwa fitur-fitur yang disediakan oleh Drei memangkas waktu pengembangan secara signifikan.

  2. Three Fiber: Sebagai framework yang ringan dan fleksibel, Fiber memberikan landasan yang kokoh untuk pengembangan aplikasi kami. Kelebihannya pembuatan scene secara deklratif dan performa yang unggul membuatnya menjadi pilihan yang sangat berguna bagi tim kami.

  3. React: Saya melihat React sebagai fondasi yang sangat solid untuk membangun antarmuka pengguna yang dinamis dan interaktif dalam aplikasi kami. Fleksibilitasnya dalam pengelolaan komponen dan reusabilitas kode membuatnya sangat bernilai bagi proyek kami.

Melalui pengalaman ini, saya tidak hanya mengembangkan platform Web3, tetapi juga menemukan nilai unik dari setiap stack yang kami pilih.

Masing-masing memiliki keunggulan dan kontribusi yang sangat berharga dalam menghadirkan visi kami ke dalam kenyataan.

Karam Sebelum Berlayar

Memang, terkadang dalam perjalanan teknologi, ada momen di mana kita harus mengakhiri suatu proyek, meskipun dengan segenap semangat dan dedikasi yang telah kita curahkan. Sayangnya, begitu pula yang terjadi pada proyek platform Web3.

Meskipun kami telah menelurkan sebuah produk yang sangat menjanjikan dan memikat, keputusan untuk menghentikan pengembangan tidaklah mudah. Tidak ada alasan yang spesifik, ini murni keputusan perseroan, tentu dengan segala pertimbangan

Menyadari bahwa proyek yang telah kita bangun dengan begitu banyak usaha harus dihentikan bisa sangat mengecewakan. Namun, hal ini adalah bagian dari realitas dunia bisnis yang kompleks.

Meski begitu, saya pribadi tetap merasa bangga atas apa yang telah kami capai dalam pengembangan platform Web3. Kami telah mempelajari banyak hal, menghadapi tantangan, dan memperluas pemahaman kami dalam dunia teknologi yang terus berubah.

Kami percaya bahwa setiap perjalanan membawa hikmah dan pembelajaran baru. Meskipun produk ini harus dihentikan, pengalaman ini tetap menjadi tonggak berharga dalam karir kami. Kami akan terus menggali hikmah dari setiap tantangan, dan dengan harapan, pengalaman ini akan membawa kami ke perjalanan yang lebih menarik dan bermanfaat di masa depan.

Share this article